berkemas lalu kabur….

Kalo budget untuk jalan-jalan terbatas alias enggak bawa uang terlalu banyak, selain udah menghemat untuk transportasi dan juga biaya makan serta beli oleh-oleh, hal berikutnya yang harus dihemat adalah penginapan.

Kalo dulu pejalan mungkin mengenal yang namanya Motel alias Motor Hotel, kemudian ada yang namanya Losmen, kemudian menanjak ada Hotel.

Nah untuk yang berkantong cekak alias terbatas, bisa memilih Hostel sebagai alternatif tempat bermalam.

Sebagian pejalan mungkin enggak terlalu banyak menghabiskan waktu di penginapan. Selain rugi waktu jalan-jalannya, juga penginapan hanya tempat untuk numpang tidur sekitar 6-7 jam, numpang mandi yang cuma sekitar 20 menit, dan tempat untuk numpang sarapan yang memakan waktu cuma 10 menit.

Hostel sendiri mempunyai kamar-kamar yang jauh berbeda dengan hotel. Perbedaan yang mencolok ada pada bagian privasi. Dimana kita akan berbagi ruangan dengan pejalan lain, yang kita enggak kenal sebelumnya. Pejalan yang kita temui bisa dari negara lain, dengan kultur budaya yang berbeda dengan kita, gaiz.

Karena itu perlu yang namanya saling menghormati antar penghuninya.

Hostel gak seru! Eits tunggu dulu.

Meskipun berbagi ruangan dengan pejalan dari negara lain, nginep di Hostel, gak bakalan deh mengurangi keseruan dalam perjalanan kita.

Berikut sedikit tips: Cara Asik Nginep di Hostel.

1. Ngobrol Sesama Pejalan

Topik pembicaraan untuk ngobrol sesama pejalan sih enggak perlu uang ribet. Gak perlu sampe nanyain nama orang tuanya, berapa penghasilannya sebulan, mandinya gaya apa, atau nanya “qmuh p4c@rnÂ¥a shyiapa eaaaah, qq?”

Mulailah membuka obrolan dengan menanyakan nama dan juga negara asal. Pertanyaan yang sederhana, tapi bisa bikin ikrib. Jangan lupa tersenyum.

Nah dari situ, enggak menutup kemungkinan akan menjadi travel mate kita. Lumayankan bisa sharing cost untuk transportasi lokal atau makan. Sukur-sukur, kalo kita main ke negaranya, bakalan disambut dengan baik.

Oh iya. Jangan lupa untuk nyeritain tentang negara kita. Itung-itung mempromosikan potensi wisata kita ke pejalan dari negara lain. #tsaaah

2. Toleransi

Kalo denger kata “Toleransi” kesannya kaku ya. Toleransi yang dimaksud yang emang saling menghargai dan menghormati sesama pejalan, gais!

Contoh gampangnya:

Kalo kamu terbiasa tidur dengan lampu menyala, tapi pejalan yang lain terbiasa tidur dengan lampu mati, ya kamu mau gak mau mengikuti mereka. Tapi tenang aja, beberapa hostel melengkapi tiap-tiap kasur dengan lampu baca yang menempel di tembok masing-masing kasur. Nah tinggal nyalain deh lampu itu.

Berhubung jenis kamar di Hostel adalah dormitory, maka kamar mandi (rata-rata) ada diluar. Selalu inget ya, guys kalo masi ada yang nungguin kita untuk mandi juga. Jadi usahakan untuk mandi paling lama 15-20 menit. Jangan sampe kalo mandi terlalu lama, terus pas keluar kamar mandi, langsung diliatin dengan sinis sama pejalan yang lain. #bukangue

3. Nongkrong Bareng

Awalnya sederhana. Dari yang cuma nanyain nama dan negara asal, akhirnya berlanjut jadi pacar temen nongkrong.

Beberapa hostel yang cukup rame dan punya rooftop, biasanya mereka setiap weekend ada semacam party gitu. Tujuannya sih supaya sesama pejalan penghuni hostel, bisa saling kenal dan jadi akrab. Lumayan dong dapet kenalan dari negara lain.

4. “Tinggalin Oleh-oleh”

“Lhaaaaa…masa oleh-oleh yang dibeli pas jalan-jalan ditinggalin, vroooohhh???!!!”

Bukan gitu keleuusssss..!

Sebelum jalan-jalan, coba deh kamu bawa sesuatu yang Indonesia banget. Bukan..bukan tempe orek. Nanti bisa basi disana.

Bawa semacam souvenir kecil gitu.

Kayak gue, waktu melancong ke Singapore, gue bawa gantungan kunci dengan bentuk wayang yang bermotifkan batik. Sebelum check out, gue kasiin deh tuh gantungan kunci ke salah satu travelmate gue, yang orang Jerman. Seneng banget dia. Langsung dicantelin ke bekpeknya, ghaiz!

Simple kan???!

Demikianlah sedikit tips dari gue gimana Cara Asik Nginep di Hostel. Berdasarkan pengalaman gue yak!

Selamat kaburdarirumah!

Follow me @akuonal 🙂

Comments on: "Cara Asik Nginep di Hostel" (7)

  1. enaknya nginep di hostel kalau sendirian lebih bisa berinteraksi dg yg lain, sudah naluri ya manusia itu mahluk sosial selalu cari teman… kecuali kalau nyaman sendirian derngan gadget

    • Pasti reflek ya, kak. Memulai obrolan dengan senyum sambil salaman. Lgs cair suasana di kamar.

      Makasi, kakak Danan udah baca2 dan komen 🙂

  2. Kalo LOSMEN arti nya apa kak ????

    • Losmen itu artinya penginapan yang berbiaya lebih murah daripada hotel, kak. Kenapa lebih murah? Karena biasanya tanpa sarapan atau fasilitas yang std. Losmen dari bahasa Prancis. “Logement” artinya penginapan atau hunian.

  3. Kalo di hostel aku takut di godain trus di colek2 alu diajak bobo bareng …. aku ngak sanggup kak di gilir hua hua

  4. Nginep di hostel itu seru kalau nggak ada yang ngorok pas tidur Hahaa! Pengalaman nginep di hostel terakhir waktu di singapore dulu deh 😀

Leave a comment